AKAL DAN AKAL-AKALAN

Menikmati sebuah tantangan memang membutuhkan jiwa yang cukup luas dan memiliki jiwa yang luas ini juga membutuhkan bebagai tantangan, namun terkadang kita malu bahkan tidak berani menghadapi sebuah tantangan. Sebenarnya kisah-kisah orang sukses itu disuguhkan supaya menginspirasi dan menjadikan sebuah motivasi disamping tentunya memberikan berbagai cara dan alternatif kepada pembacanya dalam mengurai sebuah permasalahan yang menjadi tantangannya . Sebagai contoh, siapa yang tidak mengenal bapak revolusi abad 21 ini? tentu jika pertanyaan ini dilontarkan ke khalayak umum maka 90% pasti akan menjawab Che Guevara dari cuba, betapa perjuangan beliau untuk mewujudkan sebuah negara yang berdaulat dengan system realisme sosialis di dalamnya yang pada saat itu mendapat tekanan yang cukup berat dari negara adidaya AS. Namun tengoklah perjalanan sang Bapak revolusi ini, sebelum masuk ke kancah politik dia sebenarnya mengidap penyakit semacam asma yang waktu itu biaya pengobatan di cuba cukup mahal, dengan kegigihan dan tekad yang besar juga dengan berbagai tantangan dan kendalanya akhirnya ia menjadi seorang dokter yang dihadapkan pada sebuah konflik revolusi di negaranya, akhirnya dengan ketrampilannya dia mulai berkecimpung dalam kerelawanan dan mulai mengerti akan sebuah kemerdekaan yang pada akhirnya tekad inilah yang menjadikan dia seorang pahlawan sejati setelah tentara AS berhasil mencegat rombongan che guevara disebuah padang terbuka dan berhasil menembak mati sang dokter tersebut. Siapa juga yang tak mengenal sosok john hopkins yang sekarang namanya diabadikan pada sebuah universitas terkenal di Amerika Serikat, seorang yang dilahirkan dalam keadaan miskin ekonomi memulai perjuangan dengan melihat masyarakat sekitar dan berharap ilmu kedokterannya bisa menjadi kemanfaatan untuk menolong sesama, atau yang terbaru yang datang dari negara indonesia seorang anak kecil sudah dituntut untuk mandiri bahkan bisa menghidupi adik-adik dan keluargannya. Inilah keluasan jiwa tersebut, karena banyak juga contoh-contoh manusia yang jiwanya kurang luas menghadapi permasalahan yang sepele saja lantas patah hati dan bunuh diri. Mendapat nilai minim di sekolahannya dan membuat dia tidak lulus dalam ujian dan masih banyak lagi kasus-kasus serupa. Ada yang perlu kita gali dari sini,pengalaman macam apakah yang bisa membuat seseorang mampu memiliki jiwa yang luas? akhirnya kita dihadapkan pada sebuah jawaban bernama tantangan. Kita adalah manusia yang sudah diberi bekal dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan didunia ini dan telah memilikinya bersamaan dengan kelahiran kita dulu, apakah itu?. tentu saja jawabannya adalah akal. Bagaimana caranya supaya benteng2anakal ini difungsikan semaksimal mungkin, namun ternyata karena peran akal ini sangat signifikan sekali untuk bisa digunakan mengarungi gelombang kehidupan ini acapkali ia malah dibuat untuk mengakali manusia lainnya dan tentunya akal-akalan. (tegelinang 2013)

8 thoughts on “AKAL DAN AKAL-AKALAN

  1. It looks to me that this web site doesnt load up on a Motorola Droid. Are other people getting the exact same problem? I enjoy this blog and dont want to have to miss it any time Im away from my computer.

  2. I simply want to tell you that I am just beginner to weblog and truly enjoyed this web page. Likely I’m planning to bookmark your blog post . You absolutely have perfect article content. Cheers for sharing your website page.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s